RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMA 21 PEKANBARU
Kelas/Semester :
X/II
Pokok Bahasan :
Hukum-Hukum Dasar Kimia Dan Stoikiometri
Sub Pokok Bahasan : Rumus Empiris dan Rumus Molekul
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
I.
KOMPETENSI INTI
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahnya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuaan.
II.
KOMPETENSI DASAR
3.9 Menerapkan konsep
massa atom relatif dan massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan
konsep mol untuk
menyelesaikan perhitungan
kimia.
4.9 Mengolah dan menganalisis
data terkait massa atom relatif dan
massa molekul relatif, persamaan reaksi,
hukum-hukum dasar kimia, dan
konsep mol untuk menyelesaikan
perhitungan kimia.
III.
INDIKATOR
3.1
Aspek
Pengetahuan
3.1.1
Menentukan
rumus empiris dan rumus molekul senyawa.
3.2
Aspek Sikap
3.2.1
Peserta didik jujur
selama proses pembelajaran
3.2.2
Peserta didik
dapat mengajukan,menanggapi/menjawab pertanyaan mengenai materi pembelajaran
dengan baik
3.2.3
Peserta didik
dapat menyampaikan pendapat mengenai materi pembelajaran
3.2.4
Peserta didik
dapat mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain
3.2.5
Peserta didik
bersikap tertib dan melaksanakan seluruh proses pembelajaran dengan baik
3.3
Aspek
Keterampilan
3.3.1
Peserta didik
menampilkan hasil diskusi kelompok di depan kelas
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
4.1
Tujuan
Pembelajaran
4.1.1 Peserta didik mampu menentukan rumus
empiris dan rumus molekul suatu senyawa
dengan benar.
V.
MATERI PEMBELAJARAN
Fakta |
|
Ø Rumus
molekul glukosa C6H12O6 mempunyai rumus
empiris CH2O |
Konsep |
|
Ø Rumus
empiris merupakan rumus yang menyatakan jenis dan perbandingan terkecil atom-atom
unsur yang menyusun suatu senyawa. Ø Rumus
molekul merupakan rumus yang
menyatakan jumlah atom-atom unsur yang menyusun suatu molekul senyawa,. |
Prinsip |
Ø Rumu. |
Ø Rumus
empiris suatu senyawa dapat ditentukan melalui perbandingan sederhana mol unsur-unsur. Ø Rumus
molekul suatu senyawa dapat ditentukan melalui nilai Mr senyawa tersebut dan
Mr dari rumus empirisnya |
VI.
PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific
Model Pembelajaran :
Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, presentasi, dan tanya jawab
VII.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah Pembelajaran |
Sintak Model Pembelajaran |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Fase I : Stimulation (Stimulasi/Pemberian
rangsangan) |
1.
Orientasi Guru mengucapkan
salam dilanjutkan dengan mengajak Peserta didik untuk berdoa sesuai keyakinan
masing-masing. Kemudian, guru menanyakan kabar dan kesiapan belajar Peserta
didik. Guru meminta peserta
didik duduk sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya. 2.
Apersepsi Guru melakukan
apersepsi dengan memberikan pertanyaan mengenai materi sebelumnya yang
berhubungan dengan Rumus empiris dan Rumus molekul. Script : Apakah kalian masih
ingat pelajaran kita mengenai konsep mol? Bagaimana rumus untuk menentukan
mol suatu zat ? 3.
Motivasi Script : “Guru
bertanya kepada peserta didik “ Di
dalam kelas ini ada yang tahu rumus kimia dari glukosa? (Perserta didik
diharapkan menjawab tahu), Iya rumus kimia dari glukosa adalah C6H12O6 (Guru meminta peserta didik untuk mengamati tampilan
media powerpoint). Coba kalian amati kedua rumus kimia glukosa tersebut, apa
perbedaan dari kedua rumus kimia itu? Iya rumus kimia glukosa yang disebelah
kanan merupakan penyederhanaan dari rumus kimia glukosa yang disebelah kiri.
Rumus kimia C6H12O6 merupakan rumus molekul
dari glukosa sedangkan (CH2O)6 merupakan rumus empiris
dari glukosa. Inilah materi yang akan kita pelajari pada hari ini yaitu Rumus
Empiris, Rumus Molekul. 4. Pemberian acuan ·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajran ·
Guru mengarahkan
siswa untuk duduk kedalam kelompoknya masing-masing yang telah ditentukan. |
15 Menit |
Kegiatan Inti |
Fase II : Problem Statemen (Pertanyaan/ Identifikasi Masalah) Fasa III : Data Collection (Pengumpulan data) Fase IV : Data Processing (Pengolahan data) Fase V: Verification (Pembuktian) |
1.
Mengamati ·
Guru mempresentasikan
power point, Peserta didik mengamati tampilan media mengenai materi rumus empiris dan rumus molekul. . 2.
Menanya Guru memberikan kesempatan
kepada peseta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati dan mendengarkan
penjelasan singkat guru 3.
Mengumpulkan Data ·
Guru membagikan LKPD
kepada setiap kelompok. ·
Peserta didik
mengerjakan LKPD secara berkelompok 4.
Mengasosiasi ·
Setiap
kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota
kelompok dapat mengerjakan/mengetahui jawaban dari pertanyaan yang ada dalam
LKPD ·
Guru membimbing
peserta didik dalam
mengerjakan soal pada LKPD dan memantau jalannya proses diskusi. 5.
Mengkomunikasikan ·
Guru memfasilitasi
dan membimbing peserta didik dalam menyajikan hasil diskusinya di depan
kelas. ·
Guru memberikan
konfirmasi dan penguatan mengenai hasil diskusi yang benar. |
65 menit |
Kegiatan Penutup |
Fase VI : Generalization (Menarik Kesimpulan) |
·
Guru membimbing
peserta didik untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari ·
Guru memberikan soal
evaluasi. ·
Guru memberikan waktu
kepada peserta didik untuk merefleksi kembali materi yang telah dipelajari. ·
Guru memberitahukan
tugas individu dan materi pelajaran
yang akan dibahas selanjutnya ·
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam. |
10 menit |
VIII.
PENILAIAN
Terlampir
IX.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
A.
Media Pembelajaran
1.
LCD Proyektor
2.
Laptop
3.
Video
4.
Bahan Presentasi
(PPT).
B.
Sumber Belajar
1.
Lembar Kegiatan
Peserta Didik (LKPD)
2.
Buku-buku Kimia
SMA/MA kelas X Kurikulum 2013 (seperti A. Haris Watoni. 2015. Kimia untuk SMA/MA Kelas X. Yrama Widya.
Bandung.Unggul Sudarmo. 2015. Kimia
2 untuk SMA/MA Kelas X. Erlangga.
Jakarta).
0 Comments
Post a Comment