RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah           : SMA 21 PEKANBARU

Kelas/Semester          : X/II

Pokok Bahasan         : Hukum-Hukum Dasar Kimia Dan Stoikiometri

Sub Pokok Bahasan  : Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

 

 


I.                   KOMPETENSI INTI

KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahnya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4     : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuaan.

 

II.                KOMPETENSI DASAR

3.9  Menerapkan konsep massa atom relatif dan massa molekul relatif, persamaan reaksi,  hukum-hukum dasar kimia, dan  konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

4.9 Mengolah dan menganalisis data terkait massa atom relatif dan  massa molekul relatif, persamaan reaksi,  hukum-hukum dasar kimia,  dan konsep mol untuk  menyelesaikan perhitungan kimia.

 

III.             INDIKATOR

3.1     Aspek Pengetahuan

3.1.1                 Menentukan rumus empiris dan rumus molekul senyawa.

 

3.2     Aspek Sikap

3.2.1                 Peserta didik jujur selama proses pembelajaran

3.2.2                 Peserta didik dapat mengajukan,menanggapi/menjawab pertanyaan mengenai materi pembelajaran dengan baik

3.2.3                 Peserta didik dapat menyampaikan pendapat mengenai materi pembelajaran

3.2.4                 Peserta didik dapat mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain

3.2.5                 Peserta didik bersikap tertib dan melaksanakan seluruh proses pembelajaran dengan baik

 

3.3     Aspek Keterampilan

3.3.1                 Peserta didik menampilkan hasil diskusi kelompok di depan kelas

 

IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN

4.1     Tujuan Pembelajaran

4.1.1 Peserta didik mampu menentukan rumus empiris dan rumus molekul suatu  senyawa dengan benar.

 

V.                MATERI PEMBELAJARAN

 

Fakta

 

Ø  Rumus molekul glukosa C6H12O6 mempunyai rumus empiris CH2O

Konsep

 

Ø  Rumus empiris merupakan rumus yang menyatakan jenis dan perbandingan terkecil atom-atom unsur yang menyusun suatu senyawa.

Ø  Rumus molekul merupakan rumus yang  menyatakan jumlah atom-atom unsur yang menyusun suatu molekul senyawa,.

Prinsip

Ø  Rumu.

Ø  Rumus empiris suatu senyawa dapat ditentukan melalui perbandingan sederhana mol unsur-unsur.

Ø  Rumus molekul suatu senyawa dapat ditentukan melalui nilai Mr senyawa tersebut dan Mr dari rumus empirisnya

 

 

 

 

VI.             PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan                 : Scientific              

Model Pembelajaran   : Discovery Learning

Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, presentasi, dan tanya jawab

 

VII.          KEGIATAN PEMBELAJARAN

Langkah Pembelajaran

Sintak Model Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase I :

Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsangan)

 

1.    Orientasi

Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengajak Peserta didik untuk berdoa sesuai keyakinan masing-masing. Kemudian, guru menanyakan kabar dan kesiapan belajar Peserta didik.

Guru meminta peserta didik duduk sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.

 

2.    Apersepsi

Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan mengenai materi sebelumnya yang berhubungan dengan Rumus empiris dan Rumus molekul.

Script :

Apakah kalian masih ingat pelajaran kita mengenai konsep mol? Bagaimana rumus untuk menentukan mol suatu zat ?

 

3.    Motivasi

Script :

Guru bertanya kepada peserta didik “ Di dalam kelas ini ada yang tahu rumus kimia dari glukosa? (Perserta didik diharapkan menjawab tahu), Iya rumus kimia dari glukosa adalah C6H12O6 (Guru meminta peserta didik untuk mengamati tampilan media powerpoint). Coba kalian amati kedua rumus kimia glukosa tersebut, apa perbedaan dari kedua rumus kimia itu? Iya rumus kimia glukosa yang disebelah kanan merupakan penyederhanaan dari rumus kimia glukosa yang disebelah kiri. Rumus kimia C6H12O6 merupakan rumus molekul dari glukosa sedangkan (CH2O)6 merupakan rumus empiris dari glukosa. Inilah materi yang akan kita pelajari pada hari ini yaitu Rumus Empiris, Rumus Molekul.

 

4.      Pemberian acuan

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajran

·         Guru mengarahkan siswa untuk duduk kedalam kelompoknya masing-masing yang telah ditentukan.

 

15 Menit

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

Fase II :

Problem Statemen (Pertanyaan/

Identifikasi Masalah)

 

Fasa III :

Data Collection (Pengumpulan data)

 

Fase IV :

Data Processing (Pengolahan data)

 

 

 

 

 

Fase V:

Verification (Pembuktian)

 

1.    Mengamati

·      Guru mempresentasikan power point, Peserta didik mengamati tampilan media mengenai materi rumus empiris dan rumus molekul.

.

2.    Menanya

Guru memberikan kesempatan kepada peseta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati dan mendengarkan penjelasan singkat guru

 

3.    Mengumpulkan Data

·      Guru membagikan LKPD kepada setiap kelompok.

·      Peserta didik mengerjakan LKPD secara berkelompok

 

4.    Mengasosiasi

·      Setiap kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakan/mengetahui jawaban dari pertanyaan yang ada dalam LKPD

·      Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan soal pada LKPD dan memantau jalannya proses diskusi.

 

5.    Mengkomunikasikan

·      Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik dalam menyajikan hasil diskusinya di depan kelas.

·      Guru memberikan konfirmasi dan penguatan mengenai hasil diskusi yang benar.

 

 

65 menit

Kegiatan Penutup

Fase VI :

Generalization (Menarik Kesimpulan)

·      Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari

·      Guru memberikan soal evaluasi.

·      Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk merefleksi kembali materi yang telah dipelajari.

·      Guru memberitahukan tugas individu dan  materi pelajaran yang akan dibahas selanjutnya

·      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

10 menit

 

VIII.       PENILAIAN

Terlampir

 

IX.             MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

A.                Media Pembelajaran

1.                  LCD Proyektor

2.                  Laptop

3.                  Video

4.                  Bahan Presentasi (PPT).

 

B.                 Sumber Belajar

1.                  Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)

2.                  Buku-buku Kimia SMA/MA kelas X Kurikulum 2013 (seperti A. Haris Watoni. 2015. Kimia untuk SMA/MA Kelas X. Yrama Widya. Bandung.Unggul Sudarmo. 2015. Kimia 2  untuk SMA/MA Kelas X. Erlangga. Jakarta).