1. Apa alasan pentingnya penemuan awal seperti abakus bagi perkembangan komputer ?
2. Apa alasan mula-mula komputer digunakan dan dikembangkan pada era tahun 1940an ? Tuliskan contohnya !
3. Apa yang menyebabkan komputer pribadi menjadi begitu laku hingga kini ?
4. Apa hubungannya penemuan transistor dengan perkembangan komputer ?
5. Mungkinkah pada perkembangan selanjutnya komputer dapat berfikir seperti manusia ? Jelaskan jawaban anda !
Jawaban:
1. Penemuan abacus merupakan awal penemuan komputer.alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik abacus,yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan masih di gunakan beberapa tempat hingga saat ini.alat ini memungkinkan penggunanya menghitung dengan biji bijian geser yang disusun di sebuah rak.pedagan pada saat itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
2. Pada tahun 1940 an di gunakan dan di kembangkan untuk kebutuhan perang.dengan terjadinya perang dunia kedua.negara-negara yang terlibat dalam perang tsb.berusaha mengesploitasi potensi strategis yang di miliki komputer.hal itu tentu saja mempercepat pendanaan pengembangan komputer.contohnya: jerman mendesign pesawat,di inggris komputer sebagai pemecah kode-kode rahasia yang di gunakan jerman.
3. Karena seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi banyak orang yang membutuhkan komputer dalam pekerjaan,bisnis,pendidikan.dan lain-lain
4.pada tahun 1948,penemuan trasnsistor sangat berpengaruh pada perkembangan komputer.transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio dan komputer.akibatnya ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
5.mungkin menurut saya iya,karena dengan perkembangan komputer saat ini sulit membayangkan komputer masa akan datang.komputer pada saat sekarang ini sudah begitu canggih.tidak menutup kemungkinan komputer masa depan dapat akan dapat beroperasi seperti manusia.contohnya berkemampuan melihat,mendengar,berbicara dan berpikir serta bisa mengambil kesimpulan.